Src: Kurnia |
Belajar adalah
suatu proses untuk merubah perilaku anak didik menjadi lebih baik, perubahan
ini sifatnya disengaja dan tidak sementara. Tidak semua perubahan merupakan
hasil belajar, hanya yang bersefat permanen, positif dan disengaja saja yang disebut
belajar. Aspek-aspek yang dinilai dalam belajar diantaranya:
-
Pengetahuan
(kognitif)
-
Ketrampilan
(psikomotor)
-
Nilai
dan sikap (affektif)
Karakteristik
materi pelajaran adalah sebagai berikut:
-
Fakta,
merupakan kejadian yang benar-benar terjadi seperti gempa,banjir, kebakaran dan
lain sebagainya.
-
Konsep,
merupakan rumusan ciri-ciri dasar dari data.
-
Prinsip,
merupakan rumusan tentang hubungan fungsional dua konsep atau lebih yang
menghasilkan rumusan konseptual baru dapat dinyatakan dalam bentuk hipotesis.
-
Prosedur,
merupakan langkah-langkah sistematis struktural yang menggambarkan proses,
kejadian, peristiwa dari awal hingga akhir.
Pembelajaran bisa
dilakukan secara langsung berhadap-hadapan (face to face) dengan guru maupun melalui
media atau perantara seperti internet, media cetak, media elektronik dan lain
sebagainya.
Teori belajar
behavioristik
-
Belajar
adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil interaksi individu dengan
lingkungannya.
-
Proses
interaksi merupakan hubungan stimuli dengan respon.
-
Muara
belajar adalah terbentuknya kebisaan.
Sumber belajar
berasal sangat banyak, misalnya materi dari guru, internet TV, radio, majalah
dan lain sebagainya. Sumber belajar bisa sekaligus menjadi media pembelajaran,
misalnya globe.
Sumber: Perkuliahan mata
kuliah Media Pembelajaran oleh Mr. Daryono
Post a Comment
Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.