Img/Fauzan - |
Tujuan pembelajaran bukanlah apa yang harus dicapai
guru dalam sebuah kegiatan pembelajaran. Tujuan pembelajaran merupakan apa yang
harus dikuasai siswa setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Menyusun tujuan pembelajaran mempunyai kaidah yang
harus diperhatikan. Kaidah ini harus dijadikan pedoman dalam menyusun tujuan
pembelajaran.
Tujuan pembelajaran harus memuat komponen ABCD.
·
A adalah
audience yaitu siswa, mahasiswa atau anak didik lainnya.
·
B adalah
behavior yaitu keterangan tentang perilaku siswa atau anak didik yang diamati
sebagai hasil belajar.
·
C adalah
condition yaitu persyaratan yang harus dipenuhi agar perilaku yang diharapkan
dapat tercapai.
·
D adalah
degree yaitu tingkat keberhasilan siswa dalam menyerap materi yang disampaikan.
Contoh :
Setelah diberi data, siswa mampu menghitung angka ketergantungan tanpa melihat
rumus.
Keterangan : A = Siswa
B = mampu
menghitung angka ketergantungan
C = Setelah
diberi data
D = tanpa
melihat rumus.
Contoh : Siswa dapat menjelaskan
konsep dasar geografi pada saat evaluasi minimal dua konsep.
Keterangan : A =
Siswa
B =
dapat menjelaskan konsep geografi
C
= pada saat evaluasi
D
= minimal dua
Post a Comment
Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.