Pernahkah mencatat pengeluaran harian? Masih manual atau menggunakan alat digital semisal Excel? Kali ini, aku akan berbagi cara untuk menghitung saldo berjalan di excel secara otomatis.
Gambar Microsoft Excel
Cara Menghitung Saldo Berjalan Di Excel Secara Otomatis
Contoh yang sudah kubuat bisa dilihat di bawah ini. Silahkan diisi pada kolom debit dan kredit saja maka saldonya akan dihitung secara otomatis oleh sistem.

Cara membuatnya cukup mudah. Hanya menggunakan 2 (dua) macam rumus saja, yaitu:

  1. Rumus untuk baris pertama menggunakan pengurangan saja yaitu kolom debit dikurangi kolom kredit. Contoh rumusnya adalah: =SUM(C2;-D2) atau bisa juga dengan =C2-D2.
  2. Rumus untuk baris selanjutnya sampai akhir baris menggunakan penjumlahan antara saldo baris sebelumnya ditambah debit baris aktif dan dikurangi kredit baris aktif. Contoh: =SUM(E2;C3;-D3)
Tutorialnya dalam bentuk video bisa dilihat di bawah ini:


File excel seperti yang telah kubuat di atas bisa didownload di sini.

1 Comments

Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.

  1. Wah.... menarik, ini. Saya kan paling malas dengan penghitungan. Sudah lier saja, bawaannya, kalau lihat angka. Bahkan saldo bank pun. hahahahaha

    Btw, pertama kali menjejak di Blogger Sejoli. Keren, nih. Harus sering-sering dolan ke sini

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.