Image src pdf |
1. Hasil kerja laboratorium dalam wujud laporan hasil kerja.
2. Hasil pelaksanaan tugas oleh peserta didik misalnya buku tugas, buku PR,
buku kerja, kliping, foto atau gambar.
3. Hasil ulangan harian atau semester.
4. Penghargaan tertulis misalnya sertifikat mengikuti lomba baik tingkat
sekolah, kecamatan, kabupaten, atau provinsi.
5. Daftar kehadiran
6. Catatan pribadi atau anekdik
7. Catatan tentang peringatan yangdiberikan guru ketika peserta didik
melakukan suatu kesalahan.
8. Audio visual
9. Buku aktivitas
Dari berbagai
jenis asesmen portofolio yang ada, guru dapat mengumpulkannya sesuai dengan
tujuan yang hendak dicapai, tingkatan siswa dan jenis kegiatan yang dilakukan.
Pada hakikatnya asesmen portofolio dapat dibedakan kedalam dua bentuk yang
banyak dikenal dewasa ini, yaitu tinjauan proses (process oriented) dan
tinjauan hasil (product oriented). Perbedaan kedua bentuk portofolio tersebut
dijelaskan sebagai berikut:
1. Tinjauan Proses
Portofolio proses
(process oriented) adalah jenis portofolio yang menekankan pada tinjauan
bagaimana perkembangan peserta didik dapat diamati dan dinilai dari waktu ke
waktu. Pendekatan ini lebih menekankan pada bagaiman peserta didik belajar,
berkreasi, termasuk mulai dari draf awal, bagaiman proses awal terjadi dan
waktu sepanjang peserta didik dinilai. Hal yang diniali mencakup kemampuan
awal, proses, dan akhir suatu pekerjaan yang dilakukan peserta didik.
2. Tinjauan Hasil
Portofolio ditinjau
dari hasil (product oriented) adalah jenis portofolio yang menekankan pada
tinjauan hasil terbaik yang telah dilakukan peserta didik, tanpa memperhatikan
bagaimana proses untuk mencapai evidence itu terjadi. Portofolio semacam ini
bertujuan untuk mendokumentasikan dan merefleksikan kualitas prestasi yang
telah dicapai. Dalam beberapa literatur dapat ditemukan bahwa portofolio
tampilan (show portofolios) dan portiofolio dokumentasi (documentary
portofolios) merupakan contoh portofolio produk.
a. Portofolio penampilan
a. Portofolio penampilan
Portofolio pemampilan
(show Portofolios) adalah bentuk yang digunakan evidence terbaik yang
dikerjakan oleh peserta didik ataupun kelompok peserta didik. Portofolio bentuk
ini dirancang untuk menunjukan evidence peserta didik yangterbaik dalam satu
kompetensi dasar atau indikator pencapaian hasil belajar dalam kurun waktu
tertentu. Portofolio penampilan sangat berguna untuk penilaian yang bergantung
kepada seberapa tepat isi portofolio telahg mengacu pada kompetensi dasar atau
indikator pencapaian hasilbelajar yang telah ditentukan dalam kurikulum.
b. Portofolio
dokumentasi
Portofolio dokumentasi
(documentary portofolios) adalah bentuk yang digunakan untuk koleksi evidence
peserta didik yang khusus digunakan untuk penilaian dalam portofolio
dokumentasi, hanya evidence peserta didik yang terbaik yang diseleksi yang akan
diajukan dalam penilaian. Asesmen portofolio dokumentasi dalam portofolio kimia
misalnya, tidak hanya berisi tentang hasil akhir laporan praktikum peserta
didik, tetapi juga berbagai macam draf dan komentar peserta didik terhadap
laporannya tersebut. Termasuk proses sampai dihasilkannya laporan praktikum
tersebut.
Bentuk-bentuk Penilaian
Portofolio
Dari kedua jenis
asesmen portofolio tersebut dalam pelaksanaannya asesmen portofolio terbagi
kedalam beberapa bentuk instrumen eavaluasi atau tes. Adapun bentuk-bentuk
asesmen portofolio diantaranya sebagai berikut:
1. Cacatan anekdotal, yaitu beruoa lembaran khusus yang mencatat segala bentuk
kejadian mengenaiperilaku siswa, khususnya selama berlangsungnya proses
pembelajaran. Lembaran ini memuat identitas yang diamati, waktu pengamatan dan
lembar rekaman kejadiannya.
2. Ceklist atau daftar cek, yaitu daftar yang telah disusun berdasarkan tujuan
perkembangan yang hendak dicapai siswa.
3. Skala penilaian yang mencatat isyarat tujuan kemajuan perkembangan siswa.
4. Respon-respon siswa terhadap pertanyaan
5. Tes skrinning yang berguna untuk mengidentidfikasi keterampilan
siswasetelah pengajaran dilakukan, misalnya: tes hasil belajar, PR, LKS, dan
laporan kegiatan lapangan.
Post a Comment
Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.