Home Pendidikan | Post Test (Tes Sumatif) byAhmad Budairi -05 December 1 Comments Pertanyaan 1 Alat ukur berikut ini yang termasuk kelompok tes adalah..... Pedoman wawanara Pedoman pengamatan Butir soal uraian terbuka Kuesioner Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 2 Konsep tes mengacu pada .... alat ukur hasil pengukuran Pengumpulan data hasil belajar Hasil asesmen Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 3 Ciri-ciri non tes adalah..... tidak menuntut adanya respon yang benar atau salah hanya dapat diisi oleh guru Menuntut adanya jawaban yang benar atau salah hanya dapat diisi oleh siswa Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 4 Pak Totok memberi skor 7 kepada Aman pada saat ulangan harian mata pelajaran Geografi. Apa yang dilakuan oleh Pak Totok tersebut termasuk dalam kegiatan..... tes pengukuran Asesmen Evaluasi Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 5 Berdasarkan data data yang terkumpul dari hasil belajar Tono pada mata pelajaran Geografi, Bu Dina menyatakan bahwa Tono mengalami hambatan pada saat membuat paragraf yang baik. Kegiatan yang dilakuka Tes Pengukuran Asesmen Evaluasi Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 6 Dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, pak Odi menggunakan tes satu satunya alat ukur untuk mengukur kompetensi siswa. Berdasarkan pronsip penilaian, pak Odi melanggar menyeluruh terbuka Adil Bermakna Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 7 Dalam mengambil keputusan tentang hasil belajar siswa pad mata pelajaran IPA, Bu Adi hanya menggunakan hasil tes akhir semester. Berdasar prinsip penilaian Bu Adi melanggar prinsip.... menyeluruh terbuka Adil Berkesinambungan Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 8 Penilaian dalam arti evaluasi terjadi pada saat kita melaksanakan..... tes akhir semester penilaian hasil belajar Pengamatan kinerja siswa Penilaian terhadap semua komponen pembelajaran Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 9 Keunggulan asesmen dari paper and pencil test adalah..... dapat dilakukan secara klasikal dapat mengukur hasil belajar yang kompleh lebih mudah dilakukan waktu assesment relatif singkat Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 10 Jika dibandingkan dengan asesmen maka kelemahan dari tes adalah..... tidak dapat mengukur proses berfikir tinggi hanya mengukur sebagian kecil hasil belajar siswa Tidak dapat mengukur penalaran siswa Hasil tes sulit di skor dengan cepat Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 11 Jika dibanding dengan asesmen maka kelemahan dari pada tes adalah..... tidak dapat mengukur proses berfikir tinggi hanya mengukur sebagian kecil hasil belajar siswa Tidak dapat mengukur penalaran siswa Hasil tes sulit diskor dengan cepat Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 12 Tujuan dilaksanakan tes seleksi adalah untuk..... mencapai tujuan program mengisi formasi Memilih pesrta program Mengelompokan peserta program Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 13 Perbedaan tes seleksi dan tes penempatan adalah..... tes seleksi untuk menilai prestasi, tes penempatan untuk memili peserta tes seleksi untuk mimilih peserta, tes penempatan untuk mengelompokan peserta tes seleksi dilaksanakan awal program, tes penempatan dilaksanakan pada tengah program tes seleksi dilaksanakan secara tertulis, tes penempatan dilakukan dengan wawancara Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 14 Jika anda melaksanakan pre test dan post test maka alat ukur yang digunakan adalah..... sama berbeda Paralel Identik Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 15 Hasil tes formatif dapat dimanfaatkan ..... menemukan kesulitan belajar siswa memperbaiki program pembelajaran Menilai prestasi siswa Memperbaiki kelemahan guru Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 16 Bagi guru hasil tes sumatif akan bermanfaat untuk..... menilai keberhasilan siswa memberi hadiah kepada anak Memonitor keberhasilan belajar siswa Mengawasi anak Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 17 Bagi guru hasil tes sumatif akan bermanfaat untuk..... Menilai keberhasilan siswa Memperbaiki kualitas program pembelajaran Memonitor kemajuan belajar siswa Menentukan minat siswa Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 18 Bagi kepala sekolah, hasil tes sumatif dapat dimanfaatkan untuk tujuan berikut ini, kecuali..... Melihat prestasi akademik sekolah Menentukan penyebab kesulitan belajar siswa Memperbaiki sarana dan prasarana sekolah Menilai daya serap siswa terhadap materi pelajaran Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 19 Keunggulan tes uraian jika dibanding dengan tes obyektif adalah..... adanya unsur subyektifitas dalam pemberian skor dapat mengukur semua jenjang dalam ranah kognitif dapat untuk mengukur ranah kogniif tingkat tinggi sukar untuk dikonstruksi Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 20 Jika tujuan pembelajaran yang akan diukur berbunyi: siswa dapat menganalisis kasus penyebab kebakaran hutan di Kalimantan, maka tes yang dapat dipergunakan adalah...... B-S menjodohkan Pilihan ganda Uraian Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 21 Cara yang tepat digunakan untuk meminimalkan agar siswa tidak asal menebak dalam mengerjakaan tes pilihan ganda adalah..... Mengurangi jumlah alternatif jawaban Menambah alternatif jawaban Memberlakukan formula tebakan Mengawasi pelaksanaan ujian secara ketat Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 22 Carry over effect dalam pemeriksaan hasil tes uraian dapat diatasi dengan..... memeriksa hasil tes nomor per nomor soal untuk seluruh siswa memerisa hasil tes siswa per siswa menggunakan dua orang pemeriksa memeriksa hasil tes dengan menggunakan pedoman pensekoran Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 23 Ragam tes pilihan ganda melengkapi pilihan, tept untuk proses berfikir..... ingatan penerapan Sintesis Evaluasi Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 24 Buatlah karangan dengan judul cita-citamu. Pertanyaan tersebut termasuk jenis tes..... jawaban singkat uraian terbatas Pemecahan masalah Uraian terbuka Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 25 Perhatikan rumusan TIK berikut: siswa dapat menyebutkan penemu mikroskup. TIK tersebut tepat diukur dengan menggunakan tes..... obyektif pemecahan masalah Uraian terbatas Uraian terbuka. Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 26 Reliabilitas hasil pemeriksaan jawaban siswa paling rendah dimiliki oleh tes..... uraian terbuka uraian terbatas Jawaban singkat Obyektif Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 27 Validitas tes hasil belajar dapat dilihat pada perencanaan tes yaitu pada penetuan..... Jumlah sampel materi yang akan diujikan Jenis tes yang akan digunakan Proses berfikir yang akan diuji Sebaran tingkat kesukaran butir soal Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 28 Informasi kinerja siswa dapat diperoleh dengan menggunakan tagihan sebagai berikut, kecuali..... tes pilihan ganda tes uraian terbuka Tugas kelompok Tugas pengamatan Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 29 Tugas yang sesuai untuk menilai kinerja siswa dengan siswa lain adalah..... melakukan wawancara kerja kelompok Melakukan pameran Tes tulis Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 30 Tujuan utama dalam penilaian kinerja untuk menilai..... Menilai pengetahuan yang telah dikuasai oleh siswa Produk belajar siswa Proses belajar siswa Kualitas kinerja siswa Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 31 Yang menjadi bidang garapan ranah afektif yaitu..... penguasan pengetahuan siswa unjuk kerja siswa Ketrampilan siswa Konsep diri siswa Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 32 Setiap pagi Anto selalu bangun pukul 5.00. berdasar ranah afektif Anto berada pada tingkatan..... Characterization Responding Organization Valuting Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 33 Langkah yang paing sulit dalam mengembangkan instrumen afektif adalah.... merumuskan tujuan pengukuran menentukan definisi konseptual Merumuskan indikator Merumuskan definisi operasional Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 34 Penilaian yang paling sulit dilakukan yaitu penilaian tentang..... sikap unjuk kerja Penguasaan pengetahuan Portofolio Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 35 Contoh penerapan pendekatan Penilaian Acuan Norma adalah.... Penerimaan taruna AKABRI Pemilihan guru teladan Penerimaan guru baru Penerimaan siswa baru Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 36 Contoh penerapan pendekatan Penilaian Acuan Kriteria adalah.... Pemilihan siswa teladan Penentuan ranking siswa Pemilihan calon penerimaan beasiswa Penerimaan taruna AKABRI Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 37 Dalam tes akhir semester IPS di empat sekolah diperoleh data sebagai berikut Nama Sekolah Rata-rata SB SD Keputran 1 SD Keputran 2 SD Keputran 3 SD Keputran 4 67,43 67,69 68,23 66,54 12,32 7,78 12,09 11,56 Berdasar data tersebut, sebaran hasil tes yang paling homogen dicapai SD.... Keputran 1 Keputran 2 Keputran 3 Keputran 4 Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 38 Berdasar data pada soal nomor 37, sekolah yang paling berhasil dalam proses pebelajaran IPA adalah SD.... Keputran 1 Keputran 2 Keputran 3 Keputran 4 Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 39 Pendekatan penilaian Acuan Norma tepat digunakan dalam sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran.... Mandiri Tuntas Berbasis kompetensi Berbasis kelompok Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 40 Perhatikan hasil pengukuran sikap Tika terhadap mata pelajaran matematika berikut ini Ya Tidak Indikator Skor Saya senang belajar matematika Saya senang mengerjakan PR matematika Saya sering berdiskusi masalah matematika Saya sering bertanya kepada guru tentang matematika Saya memiliki banyak buku matematika 5 5 5 5 5 4 4 4 4 4 3 3 3 3 3 2 2 2 2 2 1 1 1 1 1 Jika kecenderungan sikap tersebut dikelompokkan menjadi tiga yaitu senang, biasa saja, dan tidak senang dengan matematika maka kecenderungan sikap Tika termasuk.... Menyenangi matematika Cukup menyenangi matematika Tidak senang dengan matematika Netral Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 41 Pada pembelajaran berbasis Kompetensi, bagi siswa yang belum mampu mencapai Standard Kompetensi, keputusan yang diberikan kepada siswa tersebut adalah.... Mengikuti program remidial Ujian ulang Tinggal kelas Diminta pindah sekolah Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 42 Jenis tagihan yang tepat untuk menilai kemampuan siswa dalam menerapkan konsep atau prinsip dalam dalam kehidupan sehari-hari adalah.... Kuis Tes tertulis Tes lisan Tugas individu Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 43 Untuk menilai kompetensi siswa dalam menghayati puisi maka jenis tagihan yang tepat adalah berupa.... Tugas membuat puisi Tugas membaca puisi Tugas mengumpulkan karya puisi Mengisi skala sikap Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 44 Penyajian penilaian yang diperlukan untuk menilai hasil belajar siswa secara utuh adalah penyajian penilaian dalam bentuk.... Angka Kategori Narasi Kombinasi Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 45 Pengertian validitas mengacu pada.... Ketetapan hasil pengukuran Ketetapan proses pengukuran Ketepatan hasil pengukuran Ketepatan proses pengukuran Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 46 Pengertian Reliabilitas mengacu pada.... Ketetapan hasil pengukuran Ketetapan proses pengukuran Ketepatan hasil pengukuran Ketepatan proses pengukuran Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 47 Untuk menghitung waktu tempuh dalam lomba renang jarak 100 m alat ukur yang tepat digunakan adalah.... Jam tangan Jam dinding Stop watch Jam meja Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 48 Alat ukur yang dituntut mempunyai validitas isi yang tinggi adalah.... Tes intelegensi Tes hasil belajar Tes keterampilan Tes kesehatan Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 49 Hasil pengukuran yang paling tinggi validitas dan reliabilitasnya ditunjukkan pada hasil pengukuran terhadap.... Panjang meja tulis Intelegensi Minat Bakat Pilihan berganda (jawaban unik) Pertanyaan 50 Agar tes hasil belajar yang dikembangkan mempunyai validitas isi yang tinggi dapat ditempuh dengan cara membuat.... Kisi-kisi tes Tes uraian Tes pilihan ganda Tes menjodohkan Pilihan berganda (jawaban unik) Sumber: Pos Tes Materi Kuliah Evaluasi Pengajaran Geografi Dosen: Dr. Moertedjo, M.Si.
Bisnis online
ReplyDeletehttp://www.sfi4.com/12042144/FREE.
Post a Comment
Komentarlah yang baik.
Tujukkan Karakter Bangsa Indonesia.